Lebih Dari Sekedar Di Atas Lapangan

10 May 2013

4f95c47ce854d0f9236aa0a6ba371ca1_p1020493Pada akhirnya Sepakbola bukan melulu soal kehebatan diatas lapangan, tapi justru atmosfer yang dibuatnya, ujar Martin Tibabuzo, kawan lama yang kali ini saya tumpangi sekaligus melihat seperti apa kota Nurnberg. Ia lalu bercerita kegilaan-kegilaan yang ia lakukan termasuk Liechstentein vs Skotlandia adalah hal tontonan Sepakbola gila yang pernah saya lakukan, kisah pria asal Argentina ini tentang pertandingan yang Ditonton sekitar 200 pendukung tuan rumah dan belasan ribu sisanya dari Skotlandia.

Kami berkenalan sekitar 8 tahun yang lalu praktis memang karena Sepakbola. Sama-sama datang ke Berlin karena saya membuat sebuah film pendek Sepakbola dan ia membuat karya animasi tentang permainan terindah tersebut. Film kami lalu menjadi elemen resmi Piala Dunia 2006 yang diputar saat perkenalan tuan rumah Jerman dan beberapa laga penting disaat event tersebut terjadi.di kota itu pulalah kami bertemu kembali.

Saya ingat Martin selalu menyebut Maradona sebagai Tuhan dan cita-cita besarnya adalah bertemu dengan sang Tuhan. Dan saat akhirnya saya bekerja untuk adidas dan mendesain jersey albiceleste maka pertemuan itupun terjadi, lalu apakah cita-cita Martin pada Sepakbola luntur? Jelas tidak, sama seperti saya yang telah mencapai 2 dari cita-cita Sepakbolanya, maka Martin memilih untuk rutin menyaksikan Sepakbola bahkan di wilayah tak dikenal.

Maka terjadilah dialog yang mungkin akan dianggap tak penting oleh banyak penggemar Sepakbola di Indonesia. Kis-Pest vs Debrecen, saya rasa itu adalah pertandingan paling seru dan kampungan yang pernah saya tonton, ujar saya penuh bangga sembari bercerita betapa para hooligan Neo-Nazi di Hongaria merasa bersaudara dengan para Muslim hanya karena sama-sama membenci Yahudi. Gencerbigli vs Fenerbahce, ujar Martin singkat.

Ini jelas pertandingan mahal bagi saya, Turki adalah tujuan Sepakbola yang layak dicoba dan telah dua kali gagal saya laksanakan. Ia lalu dengan bangga menyebut Boca Juniors vs River Plate, yang akhirnya kami saksikan bersama secara streaming di apartemennya. Ia tertidur dan saya pun beberapa kali kriyep-kriyep akibat laga yang memang luar biasa membosankan di babak kedua.kecuali tentu saja saat beberapa pendukung Boca mencoba memanjat pagar untuk turun ke lapangan dan siap mengamuk. Laga dihentikan sampai nyaris 13 menit, tapi justru bagian inilah bagian terbaik dari pertandingan klasik yang kualitasnya makin turun ini.

329a7255d34b51abab46eb6cc486fd6f_p1020492Kami terus menceritakan pertandingan ini bahkan sampai keesokan harinya di kantor pusat Adidas tak jauh dari kota kecil bernama Erlangen. Pertandingan tak seru dengan atmosefer luar biasa, maka dimulailah pembicaraan tentang atmosefer tadi. Sementara Martin mengupas tuntas tim-tim kecil dengan antusiasme tinggi di Eropa, saya dengan sembaranganya menyebut Arema vs Persebaya!

Inilah atmosfer terbaik yang pernah saya lihat dalam 15 tahun serius berkeliling hanya demi Sepakbola. Partai kedua di musim liga 2007 yang tak akan saya lupa. Martin menyaksikannya lewat dvd film The Conductors yang saya kirimkan sekitar setahun lalu dan tentu saja ia terpesona. Ia memperkenalkan saya pada semua kawannya dan berulang kali berkata Saya belum pernah ke Indonesia, tapi Sepakbola disana luar biasa, tar saya pinjemin deh filmnya dia,

Ia pun memperkenalkan saya pada atasannya yang tak kalah gilanya pada Sepakbola. Namanya Jurgen Grabowski, gelandang top Jerman Barat di era 1970an, idola sang ayah. Saya tunjukkan suasana di Kanjuruhan, Malang dan Segiri, Samarinda. Tak perlu banyak melihat, ia berkata Kapan liga mulai? Saya harus segera mencari alasan untuk pergi ke Indonesia, ujar lelaki yang timnya bermain di Divisi 5 Liga Jerman.

3a7dcc47b8efe9eb89864531fde608cb_p1020540Saya percaya mereka akan benar datang ke Indonesia hanya untuk melihat Sepakbola karena pada akhirnya mereka berkata Kami tak pernah dengar bahkan tahu ada Sepakbola di Indonesia, tapi Stadion nasional kalian (yang saya pamerkan lewat foto di iPhone) sungguh fantastis, kami harus kesana, seperti inilah bahasa universal yang saya pahami, Martin pun demikian, juga Jurgen dan tentu saja banyak orang lainnya.Sepakbola sang pemersatu.


TAGS Sepakbola Indonesia


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post