Sepakbola Dan Dunia

5 Jun 2012

d0804ac2caf6f0b5c6da54787615115e_spanish-football-supporte-006Sori bahasa Spanyol saya berantakan, ujar saya pada Miguel, lelaki yang hari itudua tahun laludatang khusus ke Kuala Lumpur karena kecintaannya pada olahraga Barongsai. Ia tersenyum dan berkata Kamu musti belajar bahasa Spanyol karena ini bahasa yang sangat penting, kami tuh juara dunia lho, ia tertawa sembari menepuk pundak saya. Kalimat ini jelas hanya gurauan darinya, namun bagi saya bermakna sangat luas.

Bagi saya tanpa sengaja ia sedang menjelaskan bahwa Sepakbola telah semakin memperkenalkan bangsa dan negaranya pada dunia. Ia juga seolah berkata pada saya bahwa menguasai Sepakbola adalah juga menguasai dunia. Sebagai bangsa penguasa dunia di era abad pertengahan, Spanyol modern memang berhasil menguasai dunia lewat keampuhan permainan mereka sepanjang kurun waktu 2007-2010.

Dua tahun setelah memenangkan Piala Dunia, Spanyol nyata masih layak disegani. Setidaknya terlihat dari dominasi mereka di babak semifinal 2 kejuaraan utama Eropa, 2 semifinalis di Champions League dan 3 semifinalis di Europa League. Walau kita tahu sekarang hanya final Europa League yang menghasilkan final sesame Spanyol, bagi saya tetap saja dominasi ini adalah pertanda kekuatan negeri matador memang sungguh menakutkan.

Saya baru menjejakkan kaki sekitar 4 hari di kota Madrid, namun aura bahwa mereka adalah penguasa Sepakbola dunia lengkap dengan 2 klub yang dianggap terkuat sangat kental. Di seluruh toko souvenir, jersey tim nasional Spanyol, Barcelona sertu tentu saja Real Madrid dan Atletico Madrid sungguh mudah didapat. Jersey lengkap dengan nama pemain nasional mereka terpajang di sembarang toko mulai dari kawasan turis di Plaza de Mayor sampai ke kawasan sibuk seperti Gran Via.

Situasi kurang lebih sama pernah pula saya rasakan di Jepang. Di apapun toko yang menyediakan jersey Sepakbola, kostum dengan nama para pemain Jepang sungguh mudah didapatkan. Kami adalah yang terkuat di Asia! tegas Narito Fukushima, Direktur Festival Film Sepakbola di Yokohama. Mereka bahkan secara khusus mengadakan nonton bareng setiap Inter Milan, Borussia Dortmund atau tim-tim berpemain Asia lainnya berlaga lewat televisi.

635399ebfdae01bb127c1dee5cf96877_dsc9641Sepakbola selalu memberi arti lebih besar daripada sekedar permainan. Popularitas permainan ini mampu mengangkat dengan cepat popularitas sebuah negara. Di masanya, Pantai Gading adalah negeri yang kurang dikenal di Eropa, kemunculan Didier Drogba dan generasi emasnyalah yang kemudian memperkenalkan Pantai Gading jauh bahkan sampai ke Indonesia.

Inggris yang selalu merasa sebagai bangsa penemu Sepakbola, telah lama memasukkan permainan ini sebagai komoditas budaya terpenting disana. Di segala brosur pariwisata maupun video-video promosi negeri Pangeran Charles ini dipastikan selalu terdapat Sepakbola sebagai daya pikat. Inilah yang belakangan juga digalakkan oleh Dinas Pariwitasa Kerajaan Spanyol.

Predikat juara dunia /dan memiliki dua klub terkuat di dunia serta fasilitas Stadion-Stadion terkemuka membuka mata mereka untuk mengajak para turis untuk datang ke tempat-tempat dimana permainan ini dipertandingkan. Angka turisme ke Stadion pun meningkat sungguh tajam disini, dikabarkan sekita 250% dibanding masa-masa sebelumnya.

Kita mungkin bahkan bukan yang terbaik di Asia Tenggara, tapi Sepakbola adalah permainan terpenting di Indonesia lengkap dengan atmosfer pertandingan yang selalu luar biasa. Saya rasa setidaknya sudah saatnya di Indonesia terdapat wisata Sepakbola. Jika belum mampu menghadirkan Stadion kelas dunia apalagi pertandingan berkualitas papan atassaya pikir wisata menyaksikan kedahsyatan supporter di Stadion-Stadion kita sudah saatnya dicoba.siapa tahu, inilah cara alternative agar kita dikenal oleh dunia.


TAGS Sepakbola Indonesia


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post